

auxiliary power unit (APU) atau bisa di artikan Unit daya tambahan adalah perangkat pada pesawat yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi
APU sendiri memiliki fungsi sebagai berikut . Fungsi APU :
Tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan kekuatan untuk memulai mesin utama.Sebelum mesin yang akan berubah, APU dimulai, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik .Setelah APU sedang berjalan, ia menyediakan tenaga (listrik, pneumatik , atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai mesin utama pesawat .
APU juga digunakan untuk menjalankan aksesoris sementara mesin sedang ditutup.,Daya listrik yang digunakan untuk menjalankan sistem untuk pemeriksaan preflight.
Pesawat dengan APU juga dapat menerima daya listrik dan pneumatik dari peralatan ground ketika APU telah gagal atau tidak untuk digunakan. Beberapa bandara mengurangi penggunaan APUS karena kebisingan dan polusi, dan kekuatan ground digunakan bila memungkinkan.
*Electricity &
*Bleed Air : Starting & Air conditioning
Basic Altitude Limitation
Sea Level s/d 10.000ft : Electrical & Pneumatic
10.000ft s/d 17.000ft : Electrical Only or Pneumatic Only
17.000ft s/d 35.000ft : Electrical Only

SECTION :
Power section :adalah bagian generator gas dari mesin dan menghasilkan semua kekuatan poros untuk APU
Load compressor section : Beban kompresor umumnya kompresor poros-mount yang menyediakan listrik pneumatik untuk pesawat, meskipun beberapa ekstrak APUS mengalirkan udara dari bagian daya kompresor. Ada dua perangkat digerakkan: inlet panduan baling-baling yang mengatur aliran udara ke beban kompresor dan lonjakan katup kontrol yang mempertahankan operasi yang stabil atau lonjakan bebas dari mesin turbo.
Gearbox section : gearbox transfer daya dari poros utama mesin untuk generator didinginkan oli untuk daya listrik. Dalam gearbox, listrik juga ditransfer ke aksesoris mesin seperti unit kontrol bahan bakar, modul pelumasan, dan kipas pendingin. Selain itu, ada juga motor starter terhubung melalui kereta gigi untuk melakukan fungsi mulai dari APU. Beberapa desain APU menggunakan kombinasi pemula / generator untuk APU awal dan pembangkit tenaga listrik untuk mengurangi kompleksitas.
sebagai contoh penulisannya:
APU ( Auxiliary Power Unit )
Boeing 737 Type APU GTCP 85-129 K/H
G : Gas
T : Turbine
C : Compressor
P : Power
85: Family
129: For Boeing 737
K/H: With ETC
( Electronic Temperature Control )
APU INLET DOOR


APU Consist Of :
2 Stage Centrifugal Compressor
1 Stage Turbine
1 Accessories GeraBox : - Generator
- Oil Pump
- Fuel Pump
- Starter
- Tacho Generator
- Cooling Fan Air
1 Chombustion Chamber
- Igniter Plug
- Fuel Otomizer
APU AKAN ATOMATIS MATI APABILA :
1.OVER SPEED
2.Terjadi Fire
3.BATT SWITCH OFF
4. HIGH OIL TEMP
5. LOW OIL PRESS
APU INDICATING
EGT IND
LOW OIL QTY
LOW OIL PRESS
HIGH OIL TEMP
OVER SPEED
Tidak ada komentar:
Posting Komentar