Kamis, 30 Maret 2017
Engine operation of Trent XWB-84 dari A350-900 XWB
Dalam kesempatan ini saya akan membahas bagaimana sih Engine operation dalam Trent XWB ini, di dalam postingan sebelumnya saya sudah memperkenalkan engine ini dan sekarang kita coba bahas bagaimana cara engine ini bekerja dan mungkin bagi yang belum sempat membaca postingan saya sebelumnya saya akan sedikit memperkenalkan beberapa point-point pentingnya di postingan saya ini...oke kita lanjut aja ke pembahasan kita tentang ENGINE OPERATION
➽ ENGINE OPERATION
Engine operation merupakan siklus kerja atau cara kerja engine yang merupakan tahapan-tahapan proses kerja engine tersebut, Engine Rolls-Royce Trent XWB ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
➤ Karakteristik umum
- Jenis engine : torbofan 3 poros (3 spools)
- Panjang : 5218 mm (205.4 in)
- Diameter : 2,997.2 mm
- Berat kering : 7277 kg (16.043 lb)
➤ Komponen
- Kompresor: satu tahap LP kompresor (fan), 8-stage IP/Intermediate Pressure kompresor (IPC), 6-tahap HP kompresor (HPC)
- Pembakaran : ruang bakar annular dengan nozel semprot 20-off bahan bakar.
-Turbine : satu tahap HP turbin (HPT), 2-tahap turbin IP (IPT), 6-tahap LP turbin (LPT)
➤Prestasi
- Maksimum thrust : 330 kN (74.000 lbf) -375 kN (84.000 lbf) (Take-off), 296 kN (67.000 lbf) -318 kN (71.000 lbf) (Continuous)
- Ratio tekanan secara keseluruhan : 52: 1
- Rasio Bypass : 9.3
- Aliran massa udara : ~ 3166lb / s
Berikut cara engine ini beroprasi :
Mesin ini umumnya terdiri dari sebuah kipas internal dengan sebuah turbojet kecil yang terpasang dibelakangnya untuk menggerakkan kipas tersebut. Aliran udara yang masuk melalui kipas ini melewati turbojet, di mana sebagian kecil udara itu dibakar untuk menghidupi kipas, dan sisa udara digunakan untuk menghasilkan dorongan.
Prinsip kerja turbofan adalah airflow(udara) masuk kedalam blade (low pressure compresor) atau kita sebut LPC dan LPC pada turbofan ini berupa FAN yang menghisap udara masuk kedalam engine dan LPC ini memiliki porosnya sendiri yang tersambung pada turbin LPTlalu tahap selanjutnya udara dikompres kembali oleh blade yang lebih kecil ukurannya (intermediate pressure compresor) atau kita sebut dengan (IPC) yang juga memiliki porosnya sendiri yang terhubung juga dengan (IPT) dan lalu udara dikompres kembali oleh blade yang lebih kecil ukurannya (high pressure compresor) atau kita sebut HPC yang juga memiliki porosnya sendiri lalu udara masuk ke ruang pembakaran (combustion chamber) dan diberi ignition sampai suhu atau temperatur tinggi baru lah disemprot oleh fuel. Karena terjadi pembakaran maka berubahlah energi kimia menjadi energi dorong. Energi dorong yang dihasilkan ini mendorong high pressure turbin (HPT) yang terhubung langsung dengan HPC sehingga HPC dapat berputar kembali. Energi dorong tersebut juga mendorong intermediate pressure turbin (IPT) yang terhubung langsung dengan IPC,Energi dorong tersebut juga mendorong Low pressure turbin (LPT) yang terhubung langsung dengan LPC Dan sisa nya merupakan tenaga dorong pesawat.
Engine ini memiliki 3 poros sehingga setiap tahapnya memiliki porosnya sendiri yang bertujuan untuk:
- setiap bladenya bisa mencapai efektifitas putaranya masing-masing
- sehingga memiliki respon daya yang cepat sehingga compresi pun bisa lebih efektif
Jadi prinsip kerja turbofan dapat disederhanakan sebagai berikut :
Berbeda dengan motor bakar yang mempunyai 4step (langkah) atau 2step (langkah) pembakaran. Turbofan melakukan beberapa step tapi dalam 1 waktu. Dan perbedaan dengan motor bakar adalah jika dalam motor bakar ruang pembakaran (combustion chamber) sudah di isi oleh campuran (mix) air dan fuel baru diberi ignition (pengapian) sehingga terjadi pembakaran. Kalau di Turbofan ini,combustion chamber hanya di isi udara bertekanan tinggi saja. Karena tekanan tinggi maka temperatur tinggi dan diberi ignition,baru di semprotkan fuel sehingga terjadi pembakaran.
Untuk gaya dorong (thrust) pesawat yang dihasilkan oleh pembakaran,sebenarnya hanya 15%-25% saja. Gaya dorong pesawat yang terbesar justru pada kipas (blade) atau LPC sebesar 75-85% yang digerak oleh LPT (seperti dijelaskan di atas). Karena itu Fan/blade/LPT dibungkus oleh casting,sehingga aliran udara (airflow) lebih terpusat mengalir kebelakang. Itulah alasan mengapa Turbofan lebih hemat bahan bakar dibanding dengan jenis lainnya. Dan pada saat engine berada kondisi HIGH SPEED,turbofan hanya membutuhkan sedikit penambahan throttle untuk dapat menghasilkan thrust yang besar.
Mesin Turbofan adalah mesin yang umum dari turunan mesin-mesin turbin gas untuk menggerakkan pesawat terbang baik komersial maupun pesawat tempur. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass di mana sebagian dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pembakaran, sementara sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran. Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu ruang pembakaran.
Udara yang di by-pass ini ada yang dicampur dengan udara panas pembakaran pada turbin bagian belakang seperti pada mesin Rolls-Royce Spey yang digunakan pada pesawat Fokker F-28. Ada pula yang disalurkan dengan pipa-pipa halus ke atmosfer. Mesin yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat DC-10 serta P &W JT 9D.
Beberapa mesin yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah Rolls-Royce Tay pada pesawat Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet), mesin Adour Mk871 yang digunakan pada pesawat tempur type Hawk Mk 100 dan Hawk Mk 200, pesawat tempur Jaguar dan Mitsubishi F-1 yang digunakan AU Jepang.
Kemudian mesin high by-pass turbofan yang diterapkan pada mesin CFM56-5C2 yang dipakai oleh pesawat Airbus A340 dan mesin CFM56-3 yang dipakai pada Boeing B-737 serie 300, 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE dengan SNECMA dari Perancis.
Pada pesawat militer, mesin turbofan yang diterapkan antara lain adalah mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5 Galaxy, kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16, GE F118 yang bertype non-augmented turbofan yang diterapkan pada pesawat pembom stealth Northrop-Grumman B-2 dan pembom B-1 dengan mesin non augmented turbofan GE F101.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar